TINGKATKAN PERSENTASE PENGISIAN PRODESKEL, DINSOS PPPA KOTA SINGKAWANG LAKUKAN ASISTENSI UNTUK KELURAHAN

Singkawang,    6 Agustus 2024

Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) merupakan himpunan informasi dan data kondisi nyata dan menyeluruh tentang Kependudukan, Kelembagaan dan Pemerintahan yang meliputi : Data Potensi Kelurahan dan Tingkat Perkembangan Kelurahan.

Data potensi menggambarkan potensi-potensi yang ada di kelurahan, yang terdiri dari Potensi Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, kelembagaan dan sarana prasarana yang dapat dipergunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, selain itu untuk menentukan karakteristik unggulan di Kelurahan. Dengan pengisian Data Prodeskel melalui aplikasi berbasis web yang disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri, maka dapat didayagunakan untuk  menentukan tingkat potensi umum, potensi perkembangan dan tipologi kelurahan. Data tersebut digunakan sebagai referensi rencana pembangunan, investasi maupun pengembangan usaha masyarakat.

Data Prodeskel juga menjadi syarat untuk dapat mengikuti Lomba Kelurahan di semua tingkatan. Oleh karena pentingnya Data Prodeskel, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kelurahan yang belum terlihat progres pengisiannya.

Untuk tahap awal, dilakukan monitoring secara intensif ke 3 (tiga) kelurahan sebagai pilot project untuk pengisian Data Prodeskel melalui aplikasi website Kemendagri, yaitu Kelurahan Jawa, Kelurahan Sungai Rasau dan Kelurahan Kuala. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Agustus 2024 di Aula Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang.

Melalui monitoring ini diharapkan 3 (tiga) kelurahan tersebut melakukan percepatan pengisian Prodeskel sehingga bisa memperoleh data indeks tingkat kemajuan kelurahan (Swakarya, Swakarya atau Swasembada).

Scroll to Top